Senin, 10 Agustus 2015

Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (LAN)



1.       Sejarah Jaringan Komputer
     Pada 1940-an, kelompok riset Harvard University yang di pimpin Profesor H. Aiken melakukan penelitian di Laboratorium Bell guna melakukan proyek pengembangan komputer MODEL I. Awalnya, proyek ingin memafaatkan satu perangkat komputer yang dapat di pakai bersama. Untuk itu, buatlah sebuah proses pemakaian program dengan prinsip Batch Processing yaitu setiap computer menjalankan beberapa program dengan cara mengantri.

     Pada tahun 1950-an, jenis dan kemapuan computer semakin meningkat sehingga munculnya jenis super komputer. Di sinilah computer mulai di tuntut untuk dapat melayani beberapa terminal sekaligus.

     Pada perkembangan selanjutnya, munculah konsep Time Sharing System (TSS) dengan prinsip jaringan yang memungkinkan sebuah host komputer melayani beberapa terminal. Dalam proses TSS mulai tampak perpaduan teknologi computer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

     Pada 1970-an, jaringan computer dengan konsep proses distribusi (Distributed Processing) mulai di kembangkan. Dalam proses ini, beberapa host komputer di hubungkan secara seri ke host komputer utama guna melayani beberapa terminal. Konsep ini dikembangkan kerena beban pekerjaan semakin berat dan harga computer mulai mahal.

     Selanjutnya, ketika harga komputer sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringan nya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama hingga komunikasi antar computer (peer to peer) tanpa melalui komputer pusat. Kemudian, mulailah berkembang teknologi jaringan local yang di kenal dengan sebutan LAN (Local Area Network).

2.       Perngertian Jaringan Komputer

     Jaringan computer adalah sekolompok computer yang saling berhubungan anatara satu sama lain dengan menggunakan protocol komunikasi melalui media, sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras, seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Dengan demikian, penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri, kini telah di ganti dengan sekumnpulan komputer yang terpisah-pisah akan saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar